SELAMAT DATANG DI SITUS SUMBER INSPIRASI

BERBAGI DENGAN ANDA, MENGINFORMASIKAN HAL YANG BERMANFAAT

Minggu, 03 Oktober 2010

karya ilmiah


PENINGKATAN HASIL BELAJAR  SISWA KELAS IV DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA SD NEGERI 097340 PURBAGANDA
KECAMATAN PEMATANG BANDAR

1.      LATAR BELAKANG.
Dalam rangka meningkatkan hasil belajar khususnya untuk mengacu penguasaan materi pelajaran dijenjang pendidikan SD perlu adanya penyempurnaan proses belajar mengajar termasuk dalam mata pelajaran Biologi agar diperoleh hasil ketuntasan belajar.

Di SD Negeri 097340 Purbaganda Kecamatan Pematang Bandar, ditemukan hasil belajar siswa sesuai dengan tuntutan daya serap, siswa dianggap berhasil dalam belajar secara klasikal apabila daya serapnya 85% dan memperoleh  nilai diatas 6,5. Sesuai dengan petunjuk teknis penilaian, apabila siswa tidak berhasil mencapai daya serap 85% dan memperoleh nilai diatas 6,5 maka para pendidik menggolongkan siswa tersebut sebagai siswa dengan hasil belajar rendah.

Setelah didiskusikan dengan beberapa orang guru, maka rendahnya hasil belajar mata pelajaran Biologi SD Negeri 097340 Purbaganda Kecamatan Pematang Bandar disebabkan oleh 2 (2) factor, yaitu dari pihak guru seperti : a) Peranan  guru masih dominan dalam proses belajar mengajar, b) masih kurang kreatifitas  guru dalam menggunakan media termasuk gambar, c) guru jarang member tugas dalam bentuk pembuatan kliping dan, d) guru kuran gmemahami media yang tepat atau sesuai dengan konsep/materi pelajaran. Dari pihak siswa disebabkan oleh : a) minat belajar siswa rendah, b) kurangnya perhatian siswa kepada materi pelajaran, c) siswa masih menganggap bahwa guru merupakan satu-satunya sumber belajar sehingga siswa kurang kreatif untuk mencari sumber-sumber yang lain termasuk didalamnya pemanfaatan gambar-gambar yang berkaitan dengan pelajaran Bologi, d) kadang-kadang tugas rumah tidak dikerjakan.

Untuk meningkatkan hasil belajar siswa SD 097340 Purbaganda penulis menganggap perlu pemakaian media, baik secara sederhana maupun modern. Dengan pemakaian media khususnya media gambar pada pelajaran Biologi, maka  siswa dapat meningkatkan citra dan konsep tentang materi sehingga siswa akan mudah mengingat materi tersebut. Apabila materi tersebut diadakan penilaian, maka nilai yang diperoleh  akan semakin meningkat. Sedangkan masalah pengadaan dari media gambar itu bisa diusahakan oleh guru dan siswa sehingga siswa akan lebih mandiri dan selektif memilih gambar yang sesuai dengan materi pelajaran, disamping itu siswa juga merasa dihargai karena terlihat dalam memilih media pembelajaran dan tentunya sebelum ditugaskan guru mengarahkan supaya tidak mencari gambar-gambar tersebut ditunjukkan sebagai media pembelajaran.

Seorang guru yang mengajar tanpa menggunakan media, maka proses belajar mengajar akan bersifat verbalis dan hasil belajar tentunya kurang memuaskan, untuk itu penulis mencoba mengadakan suatu penelitian Tindakan kelas dengan judul : Peningkatan Hasil Belajar siswa Kelas IV dengan menggunakan media gambar pada SD NEgeri 097340 Purbaganda Kecamatan Pematang Bandar.


2.      RUMUSAN MASALAH.
Dari penelitian ini penulis berharap agar daya serap siswa  secara klasikal mencapai 85%  dan hasil belajarnya dapat meningkat. Bertolak dari latar belakang masalahnya dan tindakan yang dipilih, maka rumusan masalah yang penulis temukan adalah : “ Apakah dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran PKn pada SD Negeri 097340 Purbaganda Kecamatan Pematang Bandar.
BAB II
KAJIAN TEORI DAN HIPOTESIS TINDAKAN


1.      KAJIAN TEORI
A.    Pengertian Media
Media merupakan suatu sarana pendidikan yang sangat membantu proses belajar terutama dalam hal penggunaan indra penglihatan dan indra pendengaran. Media pengajaran dapat memotivasi siswa  dan guru  untuk menciptakan situasi proses pembelajaran yang baik jika dengan cepat.

B.     Hasil Belajar
Berdasarkan pengetahuan dan pengalaman penelitian bahwa pelaksanaan proses belajar mengajar tanpa menggunakan media menyebabkan hasil belajar siswa diharapkan menjadi tidak memuaskan. Hal ini terbukti dari setiap diadakan tes dengan menggunakan gambar, hanya sebagian siswa yang mampu menjawab dengan benar. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan ini adalah melakukan kegiatan mengajar dengan merangsang indra siswa melalui media gambar


2.      HIPOTESIS TINDAKAN.
Bertitik tolak dari kajian teori dan rumusan masalah yang ada pada penelitian ini maka hipitesis tindakannya dalah “ Dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD NEgeri 097340 Purbaganda Kecamatan Pematang Bandar “



























BAB III
METODE PENELITIAN

1.      SETTING PENELITIAN
Penelitian ini dilakukan di SD 097340 Purbaganda. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas dengan jumlah siswa    orang. Tingkat kemampuan dan daya serap siswa sangat bervariasi.
Peneliti adalah guru di SD 097340 Purbaganda  sedangkan yang mejadi pertisipan adalah guru-guru yang ada di SD Negeri 097340 Purbaganda Kecamatan Pematang Bandar.

2.      PROSES PENELITIAN
Tahap Penelitian
a.       Membuat jadwal dan kegiatan penelitian
b.      Membuat rancangan pembelajaran yang disesuaikan dengan langkah-langkah pembelajaran
c.       Menyusun angket untuk siswa
d.      Menyusun  tes awal tentang pengetahuan membaca gambar sebelum diberi tindakan
e.       Mempersiapkan media gambar
f.       Mempersiapkan alat evaluasi.


































3.      TUJUAN PENELITIAN
Melalui penelitian ini diharapkan akan dapat ditemukan cara terbaik untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn di SD Negeri 097340 Purbaganda melalui media gambar.


4.      MANFAAT PENELITIAN
Penelitian ini diharapkan akan dapat bermanfaat bagi siswa dan guru
a.      Siswa
1.      Membantu dalam menguasai materi pelajaran
2.      Meningkatkan motivasi belajar sehingga dapat meningkatkan hasil belajar
3.      Meningkatkan kratifitas siswa dalam mencari pengetahuan

b.       Guru
1.      Meningkatkan kepuasan dalam melaksanakan tugas
2.      Mempertegas materi yang diajarkan
3.      Mampu menemukan sendiri kelemahan-kelemahan yang terjadi pada proses belajar mengajar terdahulu.
4.      Dapat memperbaiki dan melengkapi kelemahan – kelemahan sebelumnya.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar